Selasa, 09 Maret 2010

Mulai Hari Baru

Ini adalah blog-ku. Tempat untuk catat semua cerita, ide, pikiran dan pengalaman terbaik bagi bangsa dan dunia. Setidaknya menurut versi-ku. Cukup lama menyimpan rencana menjadi blogger. Baru kini terwujud. Mohon do'a restu.
Maka dengan ucapan Bismillah, atas nama Tuhan, pemilik segala perspektif, ijinkan aku torehkan untaian kata, sebagai upaya menggali makna, memberi warna tentang indahnya samudra kehidupan, indahnya perbedaan sepanjang mengatas segala kepentingan dan mengikis aneka keserakahan.
Sebuah upaya untuk mengurai benang kusut, agar didapat BENANG MERAH, karena "benang merah" adalah simbol yang dicari akar sehat, untuk membuka tabir pengetahuan yang lebih tinggi. Tatkala "benang merah" mulai tampak, maka jelaslah akal dalam melihat. Kebenaran pun kian dekat. Setidaknya sebuah kesimpulan sementara, menuju keyakinan yang lebih tinggi, mulai terkuak. Barangkali, itu sudah cukup sebagai simbol langkah awal kita sebagai pembelajar.
Benang Merah adalah sebuah analogi. Ia menjadi penghubung dan pemberi makna, atas satu atau beberapa fenomena. Benang Merah berupaya menjawab: apa makna terpendam dan hikmah terdalam yang dapat kita catat dari setiap peristiwa, pengalaman dan pemikiran yang hadir dalam keseharian kita? Benang Merah selanjutnya berupaya membekali peradaban kita dengan sebuah panduan yang mampu menjembatani atau menghubungkan apa yang telah kita lakukan dengan apa yang seharusnya kita lakukan.
Sesuatu yang tidak mudah. Tetapi, cukup berarti untuk diupayakan atau bahkan diperjuangkan, bukan?. Sebab kalau bukan untuk mencari makna dan membuat hidup lebih bermakna, lalu apa?

1 komentar: